Cara Mengajukan Pembatalan Tiket Kereta Api

Ups, meeting dimajukan dari schedule sebelumnya yang sudah disepakati. Apa boleh buat harus mengganti tiket yang sudah dibeli, dan menukarnya dengan tiket dengan schedule pemberangkatan lebih awal. Sebagai contoh kasus, saya membeli tiket kereta api Purwojaya dengan tanggal keberangkatan 30 November 2017, namun tanggal 28 saya harus sudah berangkat ke Jakarta. Maka mau tak mau saya beli terlebih dahulu karena di tanggal 28 tersebut, beberapa tiket sudah habis terjual dan tersisa 2 kelas eksekutif. Maka dari pada saya membuang waktu harus ke stasiun untuk mengajukan perubahan jadwal kereta api dengan tiket saya sebelumnya dan takut kehabisan tiket, maka saya membeli tiket yang baru untuk schedule lebih awal. Saya biasanya melakukan pembelian melalui padiciti.com dan tiket.com, dan yang sering memberikan potongan harga yaitu tiket.com.
Namun, dibuang sayang kalau tiket yang lama (20 November 2017) tidak diajukan untuk pembatalan. Bisa loh uang ditarik kembali namun dengan beberapa regulasi, yaitu uang akan dikembalikan 75% saja, itu berarti akan dipotong 25% dari harga tiket dan proses pengembalian dapat melalui transfer atm atau pengambilan langsung tunai di stasiun yang ditunjuk oleh pihak KAI, dan tiket kereta api program promosi tidak berlaku pembatalan tiket.
Beberapa yang perlu anda persiapkan untuk permohonan pembatalan tiket yaitu, isi formulir pembatalan tiket yang dapat anda minta kepada petugas dan fotocopy identitas penumpang, tanpa mencetak tiket yang akan dibatalkan. Pemohon merupakan calon penumpang yang tertera pada tiket atau apabila yang akan mengurus adalah bukan calon penumpang, maka dapat dilakukan dengan surat kuasa dari calon penumpang tiket yang akan dibatalkan tersebut.
Formulir Pembatalan tiket dengan tiga rangkap, dan anda akan diberikan satu rangkap warna pink sebagai tanda bukti dan sudah di verified (sudah disetuji)

Setelah itu anda dapat mengajukan ke loket yang ditunjuk untuk pembatalan tiket, dan beberapa menit anda mendapatkan bukti tercetak yang menyatakan bahwa pembatalan tiket anda disetujui (bukti pembatalan tiket) dan akan di kembalikan setelah 30 hari dari hari pembatalan. Pemberitahuan bahwa uang sisa pembatalan tiket sudah tertransfer ke rekening anda melalui pesan message ke no hp yang anda cantumkan.
Jadi tidak perlu gusar ya, pembatalan tiket dapat anda lakukan di loket stasiun besar dimanapun/stasiun dengan sistem online dan dapat dilakukan tanpa harus di hari keberangkatan tiket yang dibatalkan tersebut dan maksimal pembatalan 1 jam sebelum jam keberangkatan tiket kereta api yang akan dibatalkan. Meskipun nominal yang dikembalikan ke kita tidak sesuai dengan harga tiket yang sudah kita beli, setidaknya kita mendapatkan pelayanan kompensasi dikarenakan pembatalan dari kita sendiri. Sementara pembatalan belum dapat dilakukan secara online dan anda harus mengunjungi stasiun online secara langsung dengan membawa syarat-syarat pembatalan tiket. Mungkin nantinya sistem pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan secara online untuk kedepannya dan kemudahan penumpang.
Untuk reschedule pun (mengubah jadwal keberangkatan) dikenakan 25% dari harga tiket kereta api yang akan diubah schedulenya, dan inipun hanya dapat dilakukan di Stasiun besar dimanapun yangmelayani penjualan tiket antarkota.

Comments

Popular Posts