Contoh Pertanyaan User Kapal Pesiar dalam Interview

Mencari berbagai bahan atau sumber untuk memprediksikan pertanyaan yang akan diajukan oleh user? Langkah anda sudah tepat untuk mencari kisi-kisi, walaupun belum tentu semua akan diajukan oleh user, at least pasti upaya anda tidak akan sia-sia karena mempelajari banyak hal.
Interview dengan user kapal pesiar tentu berbeda-beda jenis pertanyaannya sesuai dengan jenis pekerjaannya nanti di kapal pesiar. Vacancy yang biasanya di tawarkan agen kapal pesiar adalah posisi di bagian product (kitchen), service (restaurant,bar,lido), housekeeping, engineering, steward (utility cleaner) dan lain sebagainya. Tentu yang bisa mengajukan lamaran di posisi yang di tawarkan tersebut adalah pelamar yang sudah berpengalaman. Maka mustahil bagi orang yang tidak pernah bekerja bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan user seputar posisi yang dilamarnya tersebut.



Berikut contoh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan user untuk posisi service (restaurant):
  • Introduction 
Untuk permulaan, user akan mencairkan suasana dengan pertanyaan ringan seperti perkenalan dari calon crew.
Sample:
User :      'Could you introduce your self?'
                 'Please, tell me about your self!'
                 'Please explain about your self!'
Anda :'Oke, my name is Kireina Mahisameru, you can call me Kireina. I am tweenty years on age. I was graduated from Gajah Mada University majoring in tourism for diploma degree program. I have been worked at Hilton Hotel for two years and then at the beginning of January 2016 I start to work at Paris Hotel until now as a waitress. I love to climb a mountain and volunteering in education. That's all my short explanation about my self Sir/Mam.
***Tentu saja jawaban bisa sangat variatif, at least anda memberikan perkenalan singkat mengenai pribadi anda dan memaparkan nilai positif anda yang mempunyai nilai jual.
  • Job Experiences
Sample:
User :     'as a waitress, please tell me about your duties or responsibilities at your hotel that you work for right now!'
Anda:    'as a waitress I responsible for all guest needs and complains, even for breakfast, lunch or dinner, even for a la carte or bufeet. Treatment the guests from welcoming until the guest leave the restaurant. At breakfast buffet, I have to prepare all cutleries, serving spoon and fork, serve the food or drink, clear up and set up the table, offering help, and all my duties according to SOP.
*** Banyak sekali jawaban yang dapat diberikan kepada user, saat kita benar-benar menguasai medan kerja kita, pasti dengan tegas dan lugas kita mendeskripsikan pekerjaan kita dengan detail.
  • Bookish
Sample:
User:    'Please mention, kind of international main dish/main course'
'Please mention kind of salad and salad dressing'
'Please mention kind of beer'
'Please mention kind of sparkling water'
'Please mention kind of steak'
'What kind of question you will ask to the guest when they order a steak?'
*** Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat kebuku-bukuan ini dapat anda cari dan gali lagi dari banyak sumber, terutama pengetahuan food and beverage product yang bersifat international.
  • Conditional Question
User :    'If your guest in a long queue infront of the buffet, what your action/what will you do/what your response?'
Anda:    'I am offering help to the guest to serve the food they are waiting for if it already'
User :    'If your guest dropped the napkin, what will you do?'
Anda:    'I approached the guest and then excuse to take the dropped napkin and take the clean one for the guest, and also unfolding the new napkin for the guest'
*** Ada begitu banyak kondisional di lapangan dalam mentreatment tamu. Hal yang perlu diingat dalam memberikan jawaban kepada user adalah kita melakukan pekerjaan sesuai SOP, dan apabila menghadapi yang diluar kewenangan kita, kita report kepada atasan sebelum menangani tamu.
  • Related to the Cruise Ship 
User :    'Please tell me, why you are interested to join in cruise ship?'
Anda:    'Well, I have a good chance to improve my profession to international standard, beside that I am so interested in another country culture and their people.'
*** Jawaban mengenai ketertarikan anda dengan kapal pesiar atau perusahaan kapal user, berikan jawaban professional yang tidak memperlihatkan kita alasan bekerja karena tergiur dengan gaji.
  • Closing
User :    'Oke, that's enough, thank you for coming'
Anda:    'Oke Sir/Mam, thank you, have a great day'

*** Step by step proses interview sudah anda lewati, angin segar bisa anda rasakan saat user sudah memberikan kalimat closing pertanda interview akan berakhir. Selanjutnya yang bisa memberikan pertolongan bagi anda adalah doa.

Sebenarnya interview user mungkin lebih mudah dibandingkan dengan interview agent, karena penyaringan agent tentu sangat ketat, karena harus memastikan bahwa calon-calon yang akan disalurkannya ke perusahaan kapal pesiar sangat siap dan menguasai berbagai materi pekerjaanya dan teknis pekerjaanya itu sendiri. Jadi hal utama yang harus anda fokuskan adalah anda santai dalam menghadapi interview user agar tidak hilang konsentrasi anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan user yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Break a leg...

Glossarium:
1. Introduction : Pengenalan
2. Introduce      : Memperkenalkan
3. Explain          : Jelaskan
4. Majoring       : Jurusan
5. Climbing       : Mendaki
6. Volunteering: Kegiatan Sukarelawan
7. Short             : Singkat
8. Explanation : Penjelasan
9. Duty              : tugas
10. Responsibility : Tanggung jawab
11. Responsible     : Bertanggung-jawab
12. Needs         : kebutuhan
13. Complain  : keluhan
14. Offer          : menawarkan
15. Bookish     : bersifat sangat kebukuan
16. Mention    : sebutkan
17. Queue        : antrian
18. Approached    : Menghampiri
19. Related to  : Berhubungan dengan
20. Dropped    : Menjatuhkan
21. Improve    : Meningkatkan
22. Culture      : Budaya
23. Step by step  : Selangkah demi selangkah
24. Break a leg      : Semangat



Comments

Post a Comment

Popular Posts