Safety Awarness Training (SAT) di Pertamina Maritim Training Center (PMTC)
Bagi calon crew/crew passanger ship pasti ada juga yang mewajibkan kepemilikan SAT sertificate selain BST sertificate.
Pendaftaran training di Pertamina Maritime Training Center per th 2016, mempunyai perbedaan prosedur dengan tahun sebelumnya.
Beberapa hal yang perlu ada perhatikan sebelum mendaftar di PMTC Jakarta Timur adalah sebagai berikut:
1. Dikarenakan sistem Line telephone tidak diperbaharui dan belum terfasilitasi dengan pendaftaran online, maka Anda wajib mendatangi langsung gedung PMTC di bagian pendaftaran (dibelakang gedung utama PMTC).
2. Jadwal kelas dapat Anda cek terlebih dahulu di web pmtcindonesia.com. Perbulan bisa Anda lihat tangal kelas yang tersedia.
3. Apabila anda mendaftar belum tentu sesuai dengan kelas yang Anda inginkan karena bisa jadi kelas sudah penuh, akhirnya anda dimasukan kelas bulan depan. Jadi Anda dapat mendaftar sebulan sebelumnya.
4. Beberapa dokumen perlu Anda persiapkan untuk BST seperti:
√ pasfoto 3×4
√ fotocopy warna KTP
√ fotocopy warna BST
√ fotocopy ijasah, transkrip nilai dan akta
Syarat-syarat dokumen juga dapat Anda lihat di web. Karena masing-masing penlat memiliki syarat dokumen berbeda-beda.
Alur Pendaftaran SAT di PMTC:
1. Melakukan tes kesehatan yang tersedia di gedung pendaftaran di ruangan bagian belakang. Melakukan beberapa tes sederhana dengan membayar tarif sebesar Rp. 20.000.
2. Mengambil map di loket 8 dengan memberikan bukti tes kesehatan. Dalam map berisi form pendaftaran dan surat pernyataan sudah bermaterai. Map dan kelengkapannya dengan membayar Rp. 10.000.
3. Setelah itu Anda masuk ke ruangan bagian depan gedung, di bagian pendaftaran. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan dan dilampirkan dalam map.
4. Setelah mendapatkan form registrasi, maka Anda masukan form tersebut di loket pembayaran disisi sebelah ruangan pendaftaran dari loket 1-5. Setelah membayar sejumlah yang ditentukan dalam form registrasi, maka Anda akan diberikan salinan kwitansi warna pink dan biru (pink saja), dan kemudian masih menunggu kwitansi asli warna putih di loket 5, tinggal menunggu di panggil nama kita untuk mengambil kwitansi warna putih tersebut.
5. Dari kwitansi ini Anda melakukan scan data-data di loket 10, sebelah fotocopy di ruangan bagian belakang. Dengan membayar biaya scan tergantung dari banyaknya dokumen yang di perlukan untuk pelatihan. Untuk SAT membayar Rp. 14.000 untuk scan KTP, Akta kelahiran, BST, dan ijasah sekolah.
6. Setelah proses scan data, maka Anda balik ke ruangan pendaftaran dan masuk di antrian verifikasi data, form pendaftaran akan mendapatkan stempel bahwa data anda sudah terverifikasi.
7. Pengambilan buku penlat dan alat tulis di loket 8
8. Pengambilan foto di gedung utama
9. Datang penlat di kelas yang sudah ditentukan tanggal kelasnya. Untuk SAT hanya 2 hari kerja pelaksanaan penlatnya.
Saran bagi calon siswa penlat yang belum familiar dengan PMTC ini, lebih baik Anda banyak-banyak bertanya pada petugas. Karena dengan banyaknya antrian, banyaknya calon siswa penlat yang mendaftar sangat menghabiskan waktu apabila kita tidak mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak merepotkan karena harus bolak balik. Disarankan pula apabila datang awal yaitu jam 7 pagi untuk menghindari antrean yang sangat panjang.
Pendaftaran training di Pertamina Maritime Training Center per th 2016, mempunyai perbedaan prosedur dengan tahun sebelumnya.
Beberapa hal yang perlu ada perhatikan sebelum mendaftar di PMTC Jakarta Timur adalah sebagai berikut:
1. Dikarenakan sistem Line telephone tidak diperbaharui dan belum terfasilitasi dengan pendaftaran online, maka Anda wajib mendatangi langsung gedung PMTC di bagian pendaftaran (dibelakang gedung utama PMTC).
2. Jadwal kelas dapat Anda cek terlebih dahulu di web pmtcindonesia.com. Perbulan bisa Anda lihat tangal kelas yang tersedia.
3. Apabila anda mendaftar belum tentu sesuai dengan kelas yang Anda inginkan karena bisa jadi kelas sudah penuh, akhirnya anda dimasukan kelas bulan depan. Jadi Anda dapat mendaftar sebulan sebelumnya.
4. Beberapa dokumen perlu Anda persiapkan untuk BST seperti:
√ pasfoto 3×4
√ fotocopy warna KTP
√ fotocopy warna BST
√ fotocopy ijasah, transkrip nilai dan akta
Syarat-syarat dokumen juga dapat Anda lihat di web. Karena masing-masing penlat memiliki syarat dokumen berbeda-beda.
Alur Pendaftaran SAT di PMTC:
1. Melakukan tes kesehatan yang tersedia di gedung pendaftaran di ruangan bagian belakang. Melakukan beberapa tes sederhana dengan membayar tarif sebesar Rp. 20.000.
2. Mengambil map di loket 8 dengan memberikan bukti tes kesehatan. Dalam map berisi form pendaftaran dan surat pernyataan sudah bermaterai. Map dan kelengkapannya dengan membayar Rp. 10.000.
3. Setelah itu Anda masuk ke ruangan bagian depan gedung, di bagian pendaftaran. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan dan dilampirkan dalam map.
Ruang Pendaftaran dan Verifikasi |
4. Setelah mendapatkan form registrasi, maka Anda masukan form tersebut di loket pembayaran disisi sebelah ruangan pendaftaran dari loket 1-5. Setelah membayar sejumlah yang ditentukan dalam form registrasi, maka Anda akan diberikan salinan kwitansi warna pink dan biru (pink saja), dan kemudian masih menunggu kwitansi asli warna putih di loket 5, tinggal menunggu di panggil nama kita untuk mengambil kwitansi warna putih tersebut.
Loket 1-4 Loket Pembayaran Penlat secara tunai |
5. Dari kwitansi ini Anda melakukan scan data-data di loket 10, sebelah fotocopy di ruangan bagian belakang. Dengan membayar biaya scan tergantung dari banyaknya dokumen yang di perlukan untuk pelatihan. Untuk SAT membayar Rp. 14.000 untuk scan KTP, Akta kelahiran, BST, dan ijasah sekolah.
6. Setelah proses scan data, maka Anda balik ke ruangan pendaftaran dan masuk di antrian verifikasi data, form pendaftaran akan mendapatkan stempel bahwa data anda sudah terverifikasi.
7. Pengambilan buku penlat dan alat tulis di loket 8
8. Pengambilan foto di gedung utama
9. Datang penlat di kelas yang sudah ditentukan tanggal kelasnya. Untuk SAT hanya 2 hari kerja pelaksanaan penlatnya.
Saran bagi calon siswa penlat yang belum familiar dengan PMTC ini, lebih baik Anda banyak-banyak bertanya pada petugas. Karena dengan banyaknya antrian, banyaknya calon siswa penlat yang mendaftar sangat menghabiskan waktu apabila kita tidak mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak merepotkan karena harus bolak balik. Disarankan pula apabila datang awal yaitu jam 7 pagi untuk menghindari antrean yang sangat panjang.
Comments
Post a Comment